Tuesday, October 29, 2013

Ruang Lingkup Epidemiologi

RUANG LINGKUP EPIDEMIOLOGI

a) Masalah Kesehatan sebagai subjek dan objek epidemiologi
Epidemiologi tidak hanya sekedar mempelajari masalah-masalah penyakit-penyakit saja, tetapi juga mencakup masalah kesehatan yang sangat luas ditemukan di masyatrakat. Diantaranya masalah keluarga berencana, masalah lingkungan, pengadaan tenaga kesehatan, pengadaan sarana kesehatan, dan sebagainya. Dengan demikian, subjek dan objekepidemioloh=gi berkaitan dengan masalah kesehatan secara keseluruhan.

b) Masalah Kesehatan pada Sekelompok Manusia
Pekerjaan epidemiologi dalam mempelajari masalah kesehatan, akan memanfaatkan data dari hasil pengkajian terhadap sekelompok manusia, apakah itu mengyangkut masalah penyakit, keluarga berencana atau kesehatan lingkungan. Setelah dianalisis dan diketahui penyebabbnya dilakukan upaya-upaya penanggulangan sebagai tindak lanjutnya.

c) Pemanfaatan Data tentang Frekuensi dan Penyebaran Masalah Kesehatan dalam Merumuskan penyebab timbulnya suatu masalah kesehatan
Pekerjaan epidemiologi akan dapat mengetahui banyak hal tentang masalah kesehatan dan penyebabnya dari masalah tersebut dengan cara menganalisis data tentang frekuensi dan penyebarannya masalah kesehatan yang terjadi pada sekelompok manusia atau masyarakat. Dengan memanfaatkan perbedaan yang kemeduian dilakukan uji statistic, maka dapat dirumuskan penyebab timbulnya masalah kesehatan.

Di era modern dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini memicu jangkauan epidemiolgi semakin meluas. Secara garis besarnya jangkauan atau ruang lingkup epidemiologi antara lain:

  1. Epidemiologi Penyakit Menular
  2. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular
  3. Epidemiologi Kesehatan Reproduksi
  4. Epidemiologi Kesehatan Lingkungan
  5. Epidemiologi Kesehatan Kerja
  6. Epidemiologi Kesehatan Darurat
  7. Epidemiologi Kesehatan Jiwa
  8. Epidemiologi Perencanaan
  9. Epidemiologi Prilaku
  10. Epidemiologi Genetik
  11. Epidemiologi Gizi
  12. Epidemiologi Remaja
  13. Epidemiologi Demografi
  14. Epidemiologi Klinik
  15. Epidemiologi Kausalitas
  16. Epidemiologi Pelayanan Kesehatan
  17. dan sebagainya.


Perkembangan epidemiologi sedemikian pesatnya merupakan tantang bagi tenaga kesehatan yang harus lebih cermat dalam mengambil tindakan-tindakan yang tidak melenceng dari jangkauan tersebut. Adapun yang menjadi pemicu perkembangan pesat tersebut adalah perkembangan pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih yang menununtut peningkatan kebutuhan masyarakat utamanya dalam bidang kesehatan sehingga kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Selain itu, metode epidemiologi yang digunakan untuk penyakit menular dapat juga digunakan untuk penyakit non-infeksi.

No comments:

Post a Comment